Karya KBM1: Mari Perbaiki Bersama “Muslim Anti Korupsi”

Posted on Updated on

Penulis: Ficri     @FicriPebriyana

Predikat: Juara Hadiah Hiburan Ke-16

Mari Perbaiki Bersama “Muslim Anti Korupsi” – Jika Anda seorang muslim mari kita perbaiki bersama-sama orang Muslim yang masih melakukan Korupsi, khusunya di Indonesia. Seperti yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya mengenai Muslim Anti Korupsi. Korupsi adalah suatu tindakan tercela, dimana menyimpang pada aturan Negara, menyalah gunakan kewenangan, dan memperkaya diri sendiri ataupun kelompok, dan akan merugikan orang lain. Biasanya Korupsi dilakukan oleh pejabat dalam suatu pemerintahan, tidak hanya seorang pejabat, masyarakat biasapun suka melakukan tindakan korupsi ini.

Muslim Anti Korupsi ? Ya benar. Seorang muslim memang dilarang Korupsi, tidak hanya orang muslim. semua Umat Manusia juga dilarang Korupsi. Karena Korupsi adalah sebuah tindakan kejahatan yang merugikan orang lain. Berikut adalah arti dari potongan ayat surah Al-Baqarah [2] ayat 188 :

Dan janganlah kamu makan (atau mengambil) harta orang-orang lain) di antara kamu dengan jalan yang salah, dan jangan pula kamu menghulurkan harta kamu (memberi rasuah) kepada hakim-hakim kerana hendak memakan (atau mengambil) sebahagian dari harta manusia dengan (berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui (salahnya). (Al-Baqarah [2] : 188)

Dengan begitu Mari Perbaiki Bersama umat muslim yang masih melakukan tindakan Korupsi yang berada di wilayah Indonesia.

Mari Perbaiki Bersama “Muslim Anti Korupsi” dengan cara dibawah ini :

1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Hukum
Dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai hukum, maka masyarakat akan lebih mengetahui sistem hukum yang berada di Indonesia ini, sehingga setiap orang memiliki komitmen terhadap hukum yang berlaku di Indonesia untuk tidak melanggarnya.

2. Hilangkan budaya menyuap di Masyarakat
Patut kita sadari, bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Sebagian manusia memiliki sifat yang tidak jujur dan sebagian lagi memiliki karakter yang jujur. Dari kejujuran inilah yang masyarakat harus pertahankan, jika ada seseorang yang menyuap diri Anda, maka Anda tolak saja dan berkata jujur pada pihak berwajib seperti Polisi. Dengan melaporkan bahwa orang tersebut menyuap saya, dengan laporan itu tanpa Anda sadari bahwa Anda telah mengurangi atau mencegah terjadinya suap-menyuap di kalangan masyarakat.

3. Memanfaatkan media massa
Media massa sangat bermanfaat bagi kalangan pengguna internet, dengan adanya media massa Anda dapat mencari informasi dengan cepat dan hemat. Media massa dapat kita gunakan sebagai media untuk melaporkan kasus korupsi paling cepat, tidak hanya kasus korupsi kasus lainnyapun bisa Anda laporkan. Mengapa cepat, karena kita tidak perlu jauh-jauh menemui pihak berwajib dengan datang ke tempatnya. Kita hanya perlu menulis email untuk mengirimkan sebuah laporan terhadap pihak berwajib.

Mungkin hanya itulah artikel yang dapat saya tulis mengenai Mari Perbaiki Bersama “Muslim Anti Korupsi”. Selebihnya untuk mencegah adanya koruptor-koruptor baru kita sendiri yang harus pintar memilih mana yang baik dan mana yang buruk, dan tidak terlalu terjerumus terhadap uang yang haram. Saya ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah dan Info & Belajar Islam Terkini yang sudah memberikan kesempatan kedapa saya untuk menulis artikel mengenai Muslim Anti Korupsi ini. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat…

Please like & share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *