Karya KBM2: Teladan Dakwah :: Sunan Kudus Tidak Menyembelih Sapi Saat Idul Adha

Posted on

Penulis: fadlil sangaji @fadlilsangaji

Predikat : Juara Ke-3

Ngobrol sama mamas saya yang berasal dari Undaan Kudus, beliau bercerita bagaimana hebatnya Sunan Kudus dalam berdakwah mengajak masyarakat pada jamannya untuk memeluk agama tauhid, Islam. Fatwa Sunan Kudus sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat Undaan untuk tidak menyembelih sapi pada saat Idul Adha, termasuk di kampung mamas saya. Mengapa bisa begitu??

Wilayah undaan didalem garis putih
Fatwa Sunan Kudus pada saat Idul Adha adalah agar tidak menyembelih sapi sebagai hewan qurban. Ini aneh aneh nya Sunan Kudus memberikan fatwa yang sesuai dengan kondisi pada masyarakat dan pada saat itu. Tidak menyembelih sapi tidak berarti tidak melaksanakan qurban. Sapi yang biasa diqurbankan di daerah lain tidak menjadi hewan qurban di Kasunanan Kudus. Hewan sapi digantikan dengan kerbau.
Pada saat itu kondisi masyarakat Kudus menganut agama Hindu yang men-suci-kan hewan sapi. Sehingga apabila sapi sapi itu menjadi hewan yang diqurbankan maka umat Hindu akan merasa dilecehkan. Jika tetap dilanjutkan menyembelih sapi Sunan Kudus ber ijtihad tujuan dakwah Islam kepada masyarakat tidak akan pernah tercapai.
Hasil dari fatwa tersebut sesuai dengan tujuan diutusnya Sunan Kudus untuk berdakwah di daerah tersebut. Raja kudus yang tadinya beragama Hindu menjadi simpatik dengan cara dakwah Sunan Kudus. Raja mulai mempelajari Islam melalui sunan Kudus kemudian memeluk Islam. Jika Raja sudah memeluk Islam sebagai agama, maka rakyat pun banyak yang mempelajari dan kemudian mengikuti jejak sang raja memeluk agama Islam.
Sampai saat ini pun tidak ada larangan untuk menyembelih sapi di Undaan, silahkan. Tapi masyarakat Islam di daerah tersebut lebih happy dengan fatwa sayyid nya di daerah tersebut.
Nah looh,, kekuasaan apakah yang dimiliki oleh Sunan Kudus sehingga berfatwa seperti itu. Melarang untuk menyembelih sapi sebagai hewan qurban. Apakah terdapat larangan dari Rasulullah saw dan para sahabat yang melarang untuk menyembelih sapi untuk berqurban??
Berikutnya sepanjang sepengetahuan saya yang cekak ini, kerbau tidak ada di tanah arab mekah,, jika Anda menemukan hadist atau cerita kerbau ada di tanah mekah pada jaman Rasulullah, mohon mengisikan komentar dibawah dan saya bersedia merubah isi postingan ini.
Jadi, bolehkah ulama ber-ijtihad menghasilkan fatwa yang hukumnya tidak ada pada jaman Rasulullah… it has been done dude,, oleh Sunan Kudus, dan ijtihad tersebut berhasil menyentuh hati masyarakat untuk mengenal Islam.
Kesimpulan apa yang dapat kita tarik dari sejarah ulama diatas :
1. Islam rahmatan lil alamin.
2. Syariat hukum Islam dapat diterapkan sampai akhir jaman.
3. Syariat hukum Islam dapat diterapkan pada setiap tempat.
4. Syariat hukum Islam dapat diterapkan sesuai dengan kondisi masing masing daerah dengan syarat tidak menyimpang. Islam dapat berakulturasi dengan budaya setempat. Namun Siapa yang tahu tentang syariat hukum Islam tidak lain adalah ulama. Pengetahuan dan ilmu ulama sebagai guru agama dalam kehidupan masyarakat.
Dari poin nomor 4 diatas dapat ditarik kesimpulan lagi :
1. Pentingnya ulama dalam kehidupan kita, sebagai guru dalam membimbing menuju ridha Allah. Apa si tujuan hidup ini?
2. Pentingnya mengkaji agama melalui ulama, karena pewaris Rasulullah saw adalah ulama, sesuai hadits berikut :
الْعُلُمَاءُ وَرَثَةُ اْلأَنْبِيَاءِ
“Ulama adalah pewaris para nabi.”
(HR At-Tirmidzi dari Abu Ad-Darda radhiallahu ‘anhu),
Ulama yang bagaimana yang dapat dijadikan guru untuk mengkaji agama, yang tentu saja nasab keilmuannya sampai kepada Rasulullah saw, artinya ulama tersebut berguru kepada guru yang berguru kepada guru yang gurunya teruss berguru sampai kepada sahabat rasulullah saw. Jadi jika memungkinkan, silakan selidiki nasab ilmu ustad atau guru agama Anda hehehee..
Tips untuk mencari guru agama atau guru kehidupan dapat Anda simak dalam kajian Habib Novel Alaydrus dibawah.. Isi kajian habib Novel memberitahukan cara mencari guru dengan beberapa amalan zikir ulama dahulu, sehingga insyaAllah Allah yang akan mempertemukan Anda dengan ulama yang sesuai.
Masjid dengan arsitektur berakulturasi Islam Hindu dan Jawa,,, *menurut aye si… *sumber foto google image hehe..

Please like & share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *