[Karya KBM3] Pemuda Masa Kini – Nasib Bangsa Nanti

Posted on

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat & Rahim – Nya yang senantiasa terlimpah pada kita. Serta shalawat serta salam kepada Rasulullah saw.

Pemuda Masa Kini

Setiap bangsa memiliki 2 generasi, muda dan tua. Tetapi setiap yang tua pasti mengalami muda. Maka modal suatu bangsa terletak pada pemudanya. Masa muda masa yang berapi – api, kata bang Rhoma. Api yang dimaksud hanya akan memberikan 2 dampak, bermanfaat kah atau malapetaka.

Api yang ada pada dada para pemuda, semuanya akan tercermin dari akhlaknya yg mencakup moral dan perilaku. Pemuda yang membawa api bermanfaat akan selalu memikirkan, memahami dan bertindak bagaimana dia, sekitarnya dan juga bangsa ini menjadi lebih baik. Akan tetapi pemuda yang membawa api malapetaka hanya akan berfikir dan bertindak bagaimana keinginan dirinya terpenuhi, walaupun mengorbankan sekelilingnya.

Melihat “bioskop nyata” saat ini, mungkin sebagian dari kita banyak yang menggelengkan kepala karena terlalu banyak pemuda yang menjadi perusak. Pikirannya rusak, ngomongnya hancur, fashionnya “miskin”, makanannya “racun”, tingkahnya … “bobrok”. Lantas, apa sebenarnya yang salah dengan pemuda kita? Jawabnya hanya 1,,, JAUH DARI AGAMA. Jika sudah jauh dari agama, maka ilmu yang benar juga otomatis menjauh. Next, jika ilmu yang benar sudah menjauh jangan harap bisa membangun bangsa ini dengan benar.

So, apa yang mesti dibuat?

Sebagai unsur terkecil dari bangsa ini, yakni saya, kamu dan kita semua sebagai warga negara, sudah waktunya untuk “renovasi akhlak” yang berlandaskan pengamalan agama dan pancasila yang benar. Setiap pemuda harus memiliki worldview (pandangan hidup) yang benar sehingga arus negatif yang berasal dari luar bangsa ini bisa tangkal dan hal negatif yang ada dalam bangsa ini bisa di perbaiki. Bagi yang berstatus orang tua, anak cucunya adalah modal bangsa, maka mestilah sungguh – sungguh mendidik anak agar berorientasi menjadi pembela agama dan negaranya. Sedangkan yang berstatus sebagai generasi muda, bersegeralah kawan… mendekatkan diri dengan agama, belajar sungguh – sungguh serta senantiasa berusaha membawa api manfaat kepada sekitar kita. Dengan ikhtiar demikian, mudah – mudahan Allah SWT melimpahkan kemakmuran bagi bangsa yang kita cintai ini. Amin… Wallahu a’lam.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Please like & share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *